Saturday, September 21, 2013

Mengenal Mode Jaringan VirtualBox

Sebarkan Artikel ini di :
VIRTUALBOX


VirtualBox adalah Virtual Machine(OS Virtual) yang ringan dan mudah pengoperasiannya. Di VirtualBox terdapat beberapa mode untuk jaringan. Dan setiap mode itu memiliki fungsi masing-masing. Seperti di bawah ini.



Mode NAT
Pada mode ini, setiap OS Virtual yang dibuat tidak akan bisa konek ke luar. Mode ini default di Virtualbox. Cukup menggunakan mode NAT jika sekedar ingin internetan di OS Virtual, jika OS asli internetan menggunakan wifi, lan atau modem, maka OS Virtual juga bisa internetan namun tidak bisa melakukan ping ke luar jaringan. Kelemahan dari mode NAT ini tidak bisa ping atau traceroute.

Mode Bridge Adapter
Pada mode ini, virtualbox akan mengintercept card fisik dan setiap OS Virtual akan terkoneksi dengan dunia luar seolah-olah jadi OS sendiri. Maksudnya OS Virtulal akan memperolah IP sendiri dan bisa melakukan ping dan traceroute. Pokoknya sudah seperti komputer sendiri alias bukan Virtual.

Mode Internal Network
Pada mode ini, hampir sama dengan mode Bridge Adapter, tapi jaringan internal dapat ditentukan sendiri dan terlepas dari dunia luar. Contoh OS Virtual 1 terkoneksi ke internet namun OS Virtual 2 tidak akan bisa konek ke luar bisanya Cuma konek ke OS Virtual 1

Semoga Bermanfaat . . . . .

No comments: