Tuesday, February 12, 2013

Cara Penyambungan Kabel UTP Berdasarkan type pengkabelan

Sebarkan Artikel ini di :
Pada postingan kali ini saya akan menshare tentang cara melakukan penyambungan kabel UTP dengan masing-masing type pengkabelan..

Pada jaringan computer terdapat 2 (dua) tipe pengkabelan yang di gunakan untuk penyambungan untuk membuat sebuah jaringan, yaitu Straight dan Cross. Kabel yang di bahas untuk ini adalah kabel UTP(unshield twisted pair). Kebel UTP mempunyai 8 kabel di dalamnya namun hanya 4 kabel saja yang di gunakan di dalam pengkoneksian LAN.


    Tipe yang pertama adalah Straight.

Kabel Straight adalah jenis pengkabelan dengan teknik pemasangan yang lurus. Dalam segi penggunaan, kabel sstraight biasanya di gunakan untuk menghubungkan perangkat hub/switch ke komputer-komputer yang terhubung ke suatu jaringan. Penggunaan kabel straight pada dasarnya di gunakan untuk menghubungkan perangkat-perangkat yang berbeda, seperti komputer ke hub/switch , switch ke router, dll.

Untuk pemasangan kabel straight urutan kabelnya adalah sebagai berikut :




Untuk jenis pengkabelan straight pemasangannya berurutan sehingga mudah di lakukan.

     Tipe yang ke dua adalah Cross

Kabek Cross adalah jenis kabel yang di gunakan untuk menghubungkan perangkat yang sama dalam suatu jaringan, misalnya menghubungkan komputer satu ke komputer lainnya atau menghubungkan switch satu ke switch lainnya. Pemasangan kabel Cross memang lebih sulit dari kabel straight.  Karena kabel pada pin 1-2-3-6 pada sisi 1 di silangkan dengan pin 3-6-1-2 di sisi 2.

Untuk lebih jelasnya bisa di lihat di bawah ini :



Untuk kedua jenis pemasangan kabel tersebut cara membuatnya juga sama yang beda hanya urutan kabelnya saja. Sama-sama menggunakan RJ 45 dan tang crimping, Serta kabel UTP. Untuk penggunaannya juga sudah di jelaskan di atas. Untuk Cross untuk perangkat yang sejenis sedangkan Straight di gunakan untuk perangkat yang berbeda.

Cara membuat kabel cross dan straight sebagai berikut :

   Klupas kabel hingga terlihat kabel kecil yang berjumlah 8.
   Luruskan kabel tersebut
   Urutkan kabel sesuai dengan ketentuan di atas.
   Jika sudah letakkan pada konektor RJ45 dan masukkan dengan benar
   Jika sudah masuk, crimping RJ45 dan kabel dengan tang crimping
   Cek dengan tester apakah kabel bekerja dengan benar.

Setelah pembuatan kabel UTP dengan type pengkabelan yang berbeda selesai, yang harus di lakukan adalah mencobanya dengan cara menyambungkan ke hub/switch atau dengan hubungan antar computer bisa atau tidak…

No comments: