Tuesday, November 13, 2012

Tips 10 Cara Perawatan Printer

Sebarkan Artikel ini di :
printer merupakan periferal yang rawan sekali terkena debu dan kotoran. Maka kita harus sering melakukan perawatan printer untuk menjaga agar printer tetap dalam keadaan yang baik dan melakukan pencetakan dengan maksimal. Berikut cara yang dapat di lakukan untuk perawatan printer, antara lain sebagai berikut :...

  • Gunakan printer secara berkala dan teratur. Jangan membiarkan printer dalam keadaan tidak terpakai dalam waktu yang lama. Setiap hari atau dua hari sekali printer harus dipakai untuk mencetak paling tidak 2 – 3 lembar dan pastikan hasil cetakannya sempurna. Usahakan cetakan berimbang dalam hal warna… artinya jangan warna hitam saja tetapi  cetaklah tulisan/gambar yang mengandung unsur warna-warni sehingga diharapkan seluruh Head bekerja semua. Hal ini bertujuan menjaga agar tinta pada seluruh Print Head tidak mengering/menggumpal.
  • Jangan biarkan Cartridge atau tempat tinta kosong dalam waktu yang lama. Segera isi Cartridge apabila tinta mulai habis.
  • Gunakan merk tinta yang sama saat isi ulang/refile. Kalaupun berbeda pastikan tinta pada cardtridge telah benar-benar habis. Hal ini untuk menghindari adanya reaksi penggumpalan tinta akibat merk  tinta berbeda yang dapat menyumbat lubang tinta pada Head. Ini yang biasanya sering dilupakan dalam perawatan printer.
  • Saat mencetak  gunakan kertas yang bersih dan masih layak artinya tidak lusuh atau karena kertas yang lusuh dapat menyebabkan printer berhenti mencetak akibat kertas yang menyangkut pada rol printer. Selain itu kertas yang berdebu dapat menyebabkan debu nempel ke  Head. Dan menyebabkan tersumbatnya tinta pada head printer.
  • Bersihkan printer yang kotor menggunakan kuas atau lap dengan kain. Khusus bagian dalam gunakan kuas kecil untuk dapat mencapai sela-sela yang sulit. Saat melakukan pembersihan pastikan printer dalam keadaan OFF atau Mati total
  • Matikan printer sesuai prosedur, yaitu dengan menekan dulu tombol “Off” kemudian mencabut kabel yang terhubung ke listrik. Jangan langsung mencabut kabel listrik-nya, karena jika ini di lakukan secara terus menerus maka sistem BIOS akan mengalami eror dan kerusakan. Usahakan mematikan printer dengan baik dan benar.
  • Gunakan penutup printer supaya terlindung dari debu. Kita dapat menutupnya rapat dengan kain sehingga masih ada pertukaran udara. Jangan menggunakan penutup dengan plastik karena udara lembab dapat mempercepat kerusakan printer.
  • Jangan terlalu sering mencetak gambar / tulisan yang dipertebal atau Fill dengan kepadatan yang tinggi karena akan memperberat kerja Head yang otomatis akan memperpendek usia Head.
  • Bersihkan/cuci Busa/Spon Penghisap tinta yang ada dibagian Dalam printer paling tidak 1 tahun sekali atau kalau dirasa daya hisapnya mulai melemah. Biasanya ditandai dengan tidak berjalannya Proses Cleaning Head atau ada luberan tinta dibagian dalam printer. Kalau hal tersebut dibiarkan bisa berbahaya bagi rangkaian elektronik/mekanik printer.
  • Gunakan maintenence printer yang terdapat pada software bawaan printer. Dengan itu kita dapat melakukan perawatan printer secara benar, mulai dari pembersihan luar, pembersihan dalam, dll.

No comments: